Surabayaku

Sejarah Kota Surabaya

Surabaya, ibukota provinsi Jawa Timur dan bandar kedua terbesar di Indonesia. Terletak di muara Sungai Brantas, bandar ini secara rasmi ditubuhkan pada tahun 1293 ketika Raden Wijaya mendirikan Majapahit, kerajaan Indonesia yang paling mulia di lokasi pertempuran legendaris antara yu (Sura) dan buaya (Baya).

Inilah ikon bagi surabaya yang terletak di depan Kebun Binatang Surabaya (Zoo) :D


Lanjuuut! Ada apa aja sih di Surabaya? Yang pasti Surabaya termasuk kota padat penduduk, jadi gak heran kalo sering macet di sepanjang jalan Surabaya. Bagi yang suka shopping, Surabaya memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan yang menjual beraneka ragam pakaian, aksesoris, gadget, atau food court yang ramai pengunjung :D
Kita intip yuk mall-mall apa aja di Surabaya...

ROYAL PLAZA
Royal Plaza merupakan pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Surabaya Selatan, sejak tahun 2006, mall ini bediri dalam naungan Pakuwon Group.

Mall yang berlantaikan 5 ini, dilengkapi dengan gedung bioskop (Royal 21), tempat meeting, pameran, dan tempat bermain anak-anak, juga tempat parkir outdoor seluas 12 x 200 meter.

Kalau saya suka banget nongkrong disini. Selain tempatnya yang strategis (deket kampusku) juga harga-harga yang ditawarkan di mall ini terjangkau untuk anak-anak kuliahan seperti saya, hehehe.


CITY OF TOMORROW (CITO)
CITO terletak di Jl. A. Yani Surabaya merupkan bangunan superblock pertama di Surabaya yang dirancang dengan design modern. Biasanya tempat macet-macetnya Surabaya yah disini ni >,<

Nah ini CITO kalo dilihat pas malam hari, indahnya SURABAYAKU :)

Jalanan sekitar CITO difoto dari atas

TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Tunjungan Plaza (atau biasa disingkat TP) adalah sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, sekaligus plaza yang paling populer di masyarakat kota Surabaya, didirikan pada tahun 1986. Tunjungan Plaza terletak di Surabaya Pusat tepatnya di Jl.Basuki Rachmat dan mengarah hingga ke Jl.Embong Malang. Pusat perbelanjaan ini mempunyai 4 bangunan utama yang saling berhubungan (Tunjungan Plaza I-IV). Kawasan Tunjungan dikenal sebagai pusat komersial Kota Surabaya.

BG JUNCTION

PAKUWON TRADE CENTER (PTC)


Selain mall, ada juga tempat-tempat lain yang harus dikunjungi ketika berada di Surabaya, cekidot :)

KYA-KYA SURABAYA
Kya-Kya Surabaya adalah tempat yang dulunya ramai sebagai pasar malam di kawasan pecinan kota Surabaya. Di sepanjang jalan Kembang Jepun didirikan kios-kios yang menjual berbagai macam makanan baik masakan Tionghoa, makanan khas Surabaya maupun makanan lainnya. Kata kya-kya diambil dari salah satu dialek bahasa Tionghoa yang berarti jalan-jalan.


MASJID AGUNG AL-AKBAR SURABAYA

Masjid Agung Surabaya ialah masjid terbesar kedua di Indonesia yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Posisi masjid ini berada di samping Jalan tol Surabaya-Gempol. Ciri yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.

JEMBATAN SURAMADU SURABAYA
Sungguh indah dan megahnya Jembatan Suramadu ketika dilihat dari kejauhan, nampak awan mendung menyelimutinya, sehingga menambah keelokan jembatan ini. Wajar kalau banyak wisatawan domestik yang datang ke tempat ini.



Selain dari pada itu Suramadu merupakan kebanggaan masyarakat kota Surabaya khususnya dan masyarakat Indonesia pada umummya.Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa ke Selat Madura tepatnya di pelabuhan Kamal Madura.

Jembatan yang terpanjung di Indonesia ini,  mempunyai panjang kurang lebih 5.438 m dan lebar 30 m, pembangunan Jembatan Suramadu adalah,  bertujuan untuk meningkatkan pariwisata diJawa Timu, khususnya kota Surabaya dan berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi juga pembangunan dikawasan Madura.

Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

G-WALK SURABAYA
Berada di kawasan Citraland Surabaya
TAMAN PELANGI SURABAYA
Pada hari Sabtu malam minggu di taman ini banyak dikunjungi oleh kalangan muda-mudi, mahasiswa, dan pelajar, untuk bersantai menitmati suasana malam yang sejuk dan penuh pesona.

Pengunjung yang datang ke tempat ini, tidak banyak aktifitasnya, hanya butuh suasana santai, senda gurau canda. Mereka membentuk komunitas dikalangannya masing-masing, disamping itu, ada sebagian kecil muda-mudi mengambil momen ini untuk memadu kasih.

Taman ini terletak di jalan A. Yani bersebelahan dengan kantor bulog, Selain tempatnya yang indah Taman ini juga  menyediakan fasitas toilet,  musholah, dan tempat parkir.



Masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi di kota SURABAYA. I LOVE SURABAYAKU :)
-AnaMiladiyah-

2 komentar:

  epulkatama

15 Agustus 2013 pukul 06.32

jadi kangen surabaya, kangen madura,,,

  automotif indonesia

14 Juni 2017 pukul 21.42

surabaya emang is the best teh :)