AZAS-AZAS KEPEMIMPINAN


1.   KEMANUSIAAN
Mengutamakan sifat-sifat kemanusiaan, yaitu pembimbingan manusia oleh manusia, bertujuan untuk lebih mengembangkan potensi dan kemampuan setiap individu, demi tujuan-tujuan bersama.
CONTOH:
Ketua  organisasi pecinta alam bisa membimbing anggotanya sehingga lebih berpotensi dan kemampuannya pun lebih baik lagi karena para anggota punya kewajiban mencari ilmu tentang alam dan lingkungan hanya pada saat proses pendidikan untuk menjadi anggota penuh, sehingga setelah menjadi anggota penuh pencarian ilmu diserahkan pada masing-masing individu.
2.   EFISIEN
Efisieni teknis maupun sosial, berkaitan dengan terbatasnya sumber-sumber, materi, dan jumlah manusia atas prinsip penghematan, adanya nilai-nilai ekonomis, serta asas-asas manajemen modern.
CONTOH:
Seorang ketua BEM fakultas harus dapat memanajemen organisasinya dengan baik berdasarkan keterbatasan materi dan jumlah SDM. Karena  suatu organisasi mempunyai banyak keterbatasan untuk mewujudkan hasil yang maksimal, seperti terbatasnya jumlah SDM dan dana.
3.   KESEJAHTERAAN DAN KEBAHAGIAAN YANG LEBIH MERATA
Kesejahteraan dan kebahagian yang merata menuju pada taraf kehidupan yang lebih baik.
CONTOH:
Anggota suatu organisasi menginginkan pemimpin yang bisa membuat kehidupan anggotanya dalam organisasi lebih sejahtera dan bahagia tanpa pilih kasih sehingga dalam bekerjasama pun bisa lebih baik karena konflik antar sesama anggota sering terjadi karena beda pendapat dan prinsip.

0 komentar: