TIPS CARA MENGIRIM LAMARAN PEKERJAAN SECARA ONLINE

Perkembangan teknologi dan makin mudahnya akses internet membuat banyak hal, termasuk melamar pekerjaan, hanya a click a way. Kedengarannya memang gampang, Anda hanya perlu online dan mengirimkan email berisi CV dan cover letter, atau menjadi anggota website yang memuat iklan lowongan kerja. Namun melamar pekerjaan secara online juga punya cara tersendiri agar email CV dan cover letter Anda stand out dan tidak berakhir di trash folder.

Berikut adalah tips melamar pekerjaan secara online:
1. Selektif memilih pekerjaan.
Sekalipun melamar pekerjaan secara online lebih gampang dibandingkan dengan cara-cara tradisional lainnya, Anda tetap harus selektif memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang Anda.

2. Up-date CV Anda
Perbarui CV Anda, baik dari sisi format atau isi. Tuliskan keahlian dan pengalaman kerja kerja Anda yang disesuaikan dengan kualifikasi lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Jadikan CV Anda sebagai marketing kit untuk menjual kualifikasi yang Anda miliki.

3. Selalu kirimkan CV beserta dengan cover letter.
Cover letter atau surat lamaran adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian pembaca lamaran Anda. Isi cover letter umumnya adalah perkenalan diri Anda, dan kemampuan yang ingin Anda tunjukkan.

4. Ikuti petunjuk yang ditetapkan untuk melamar pekerjaan. Tunjukkan bahwa Anda bisa mematuhi peraturan yang dibuat perusahaan, walaupun Anda belum menjadi pegawai.

5. Masukkan CV Anda di bagian email, bukan di attachment. Hal ini akan memudahkan pembaca email untuk membaca CV Anda, tanpa harus mendownload file. Pastikan juga untuk merapikan formatnya, sesuai format CV umumnya.


1 komentar:

  Unknown

20 September 2017 pukul 07.33

terimakasih sebelumnya, isinya sangat membantu sekali, akan tetapi ada hal yang ingin saya tanyakan terkait lampiran lampiran yang di scan itu baiknya bentuk PDF atw Word atw apa yah? terimakasih sebelumnya